Sejarah Komunitas Stand Up Comedy Indonesia

Sejarah Komunitas Stand Up Comedy Indonesia

Nama komunitas Stand Up Comedy Indonesia atau Stand Up Indo pastinya tidak asing di kalangan para komika atau stand up comedian bahkan di kalangan umum penikmat komedi di Indonesia.

Wadah perkumpulan para pecinta seni lawak tunggal ini telah banyak melahirkan komika yang sangat berkualitas.

Komunitas yang sekarang sudah berkembang dan banyak berdiri di hampir seluruh wilayah di Indonesia ini memiliki sejarah singkat sebelum menjadi seperti sekarang.

Sejarah awal berdirinya komunitas ini berawal dari pertemuan Ernest Prakasa dan Juga Ryan Andriandy di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia 1 (SUCI 1) Kompas Tv, merasa membutuhkan tempat untuk berlatih akhirnya Ernest dan Ryan mengajak Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono yang saat itu sudah dikenal sebagai Komika untuk mendirikan komunitas ini, dilengkapi oleh Isman Hidayat Suryaman yang waktu itu adalah seorang penulis buku humor, kemudian berdirilah komunitas Stand Up Comedy Indonesia.

Komunitas Stand Up Indo ditetapkan berdiri pada tanggal 13 Juli 2011, komunitas ini diresmikan berdiri bersamaan dengan event perdananya yaitu Stand Up Nite di Comedy Cafe yang bertempat di Jakarta. Pada awal berdiri, komunitas ini diketuai oleh Ernest Prakasa atau di Stand Up Indo biasa disebut Sebagai Presiden pertama Stand Up Indo.

Hingga saat ini Komunitas ini terus berkembang menjadi organisasi perkumpulan yang memiliki legalitas dari Negara, bisa dibilang komunitas Stand Up Comedy Indonesia sekarang sudah setara dengan Organisasi Masyarakat (Ormas).

Dari awal berdiri hingga saat ini, Stand Up Indo telah memiliki berbagai event besar seperti; Stand Up Nite, Stand Up Gunung,  Stand Up Hutan, Stand Up Comedy Festival, Jikomfest dan Show lainnya termasuk monolog di kanal youtube Stand Up Indonesia yang bertajuk Monologue.

Di usianya yang hampir 10 tahun ini, Stand Up Indo telah 4 kali berganti presiden; Ernest Prakasa presiden pertama dengan wakilnya Isman Hidayat Suryaman, Sam Darma Putra Ginting atau dikenal dengan nama Sammy Notslimaboy sebagai presiden kedua, Andi Wijaya atau Awwe sebagai presiden ketiga dengan wakilnya Satriaddin Maharinga Djongki (Arie Keriting), dan Abdul Aziz Batubara sebagai presiden keempat yang masih menjabat hingga saat ini (2021).

Heri Nur Wahyudi

Standup Indo Malang

Leave a Reply